Saturday, August 24, 2019

SERBA SERBI MUSIK JAZZ





Siapa si yang ga tau tentang musik jazz? Nah aku bakal kasih tau nih serba serbi seputar musik jazz.



PENGERTIAN MUSIK JAZZ

Musik jazz merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat dimana pada awal kemunculannya merupakan kombinasi dari musik orang Afrika dan Eropa yang dipadukan dengan sajian improvisasi para pemain alat musik dengan skill yang dimiliki.
Musik jazz sendiri muncul dengan sajian alat musik seperti gitar, piano, terompet, trombon, drum, dan saksofon dimana kunci utama dalam penyajian aliran jazz adalah blue notes, polyrhytms, sinkopasi, shuffle note, dan improvisasi skill dalam bermusik.
Jazz sendiri merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.

PERKEMBANGAN MUSIK JAZZ DI INDONESIA
Musik jazz masuk ke Indonesia pada tahun 1930-an yang mana dibawa oleh imigran dari Filipina yang diperdengarkan pertama kali di kota Jakarta.

1. Era Tahun 1948
Pada tahun 1948 musik jazz dibawakan oleh musisi Belanda yang tampil di kota Jakarta, mulailah bermunculan grup – grup musik yang beraliran jazz seperti Iskandars Sextet, The Old Timers, dan juga The Progressive Trio.
Pada era 1950-an mulai bermunculan musisi seperti Bill Saragih, Eddy Karamoy, Joop Talalahu, dan iskandar dan juga grup musik jazz seperti Jack Lemmers yang menghiasi dan berusaha mengembangkan musik jazz agar lebih bernyawa di Indonesia pada saat itu.

2. Era Tahun 1980
Pada tahun 1980-an musik jazz mulai terlihat marak, hal ini dibuktikan dengan munculnya musisi legendaris yang mulai dikenal publik musik di Indonesia seperti Ireng Maulana, Benny Likumahua, Oele Pattiselano, dan grup Elfa Secioria.
Berbagai turunan genre musik jazz di era tahun 1990-an yang mana musik jazz dikombinasikan dengan aliran rock dan fusi mulai memunculkan musisi seperti Fariz RM dan grup band Krakatau yang digawangi oleh Indra Lesmana, Donny Suhendra, Dwiki Darmawan, Gilang Ramadhan, dan Pra. B.

3. Era Tahun 2000
Pada era tahun 2000-an hingga sekarang musik jazz mulai dikenal luas dengan musisi – musisi kondang yang tentu sangat akrab di telinga para pecinta musik di Indonesia, grup band The Groove, grup band Maliq & D’Essentials, Syaharani, Dewa Budjana, Andien, Tompi, Ecoutez, hingga saat ini yang sedang naik daun adalah Tulus yang mana videonya banyak dinikmati dan didownload oleh para pecinta musik di dunia maya.


CIRI-CIRI MUSIK JAZZ
Musik jazz memiliki ciri-ciri sebagai
berikut :

1. Improvisasi
Ciri-ciri musik jazz yang paling utama yaitu improvisasi. Improvisasi dalam lagu adalah  suatu kebebasan dalam memainkan suatu notasi dengan tidak terikat atau tidak sama dengan notasi lagu aslinya.

2. Penggunaan instrumen
Secara umum, ciri ciri musik jazz adalah menggunakan instrument khusus jazz yang lazim digunakan seperti terompet, piano, bass, saksofon, gitar, drum, serta biola. Seiring berjalannya waktu, jazz pun berkembang sangat pesat.

3. Sinkopasi
Sinkopasi  adalah penekanan atau aksentuasi pada not-not upbeat (not-not dengan ketukan lemah). Nada yang dihasilkan musik jazz semantics membuat kita ingin menggerakkan kaki dan bernari.

4. Blue Note
Ciri-ciri musik jazz berikutnya adalah Blue Note, atau bisa dibilang mirip dengan nada musik blues. Hal ini diakibatkan karena musik jazz memang terbentuk awalnya dari genre musik blues.

5. Swing
Irama yang membuat kaki ingin bergerak dan menari adalah salah satu ciri-ciri musik jazz. Hal ini disebut juga dengan swing atau irama mendayu yang sangat enak didengar, apalagi bagi pecinta musik jazz itu sendiri.


MACAM-MACAM ALAT MUSIK JAZZ

Nah setelah aku kasih tau apa itu pengertian musik jazz, perkembangannya di indonesia dan ciri ciri musik jazz, selanjutnya aku mau kasih tau Informasi ke kalian apa aja si alat musik yang biasa digunakan musik jazz?

1. Gitar
Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar). Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar.


2. Gitar Bass
Gitar bass listrik adalah  alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar.



3. Piano
Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano disebut pianis.Pada saat awal-awal diciptakan, suara piano tidak sekeras piano abad XX-an, seperti piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Pasalnya, tegangan senar piano kala itu tidak sekuat sekarang. Kini piano itu dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.



4. Saksofon
Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.



5. Terompet
Trompet adalah alat musik tiup logam. Trompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.



6. Trombon
Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir.Kata trombon diambil dari bahasa Itali tromba (terompet) dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasa tulis arti trombon adalah “terompet besar”.




7. Biola
Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G.




8. Drum
Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.




Mungkin sampai disini saja pembahasan tentang serba serbi musik jazz, jika ada kekurangan saya mohon maaf, dan semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih.

Penulis : Dewi Vebiyanti

15 comments:

  1. Thanks for your information.

    Untuk selanjutnyan, semoga bisa menambahkan gif atau musik santai yang bisa menemani pembaca dalam menyelesaikan bacaannya.

    Semangat ❤

    ReplyDelete
  2. Bagus nih nambah pengetahuan juga .... Mantab

    ReplyDelete
  3. Wahh makasih, jadi tambah pengetahuan tentang musik jazz nih

    ReplyDelete
  4. Next blog, bahas tentang alat musik langka dong

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya :) menarik bgt buat yg suka sma musik>_<

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya :) menarik jadi tau tentang musik jazz

    ReplyDelete