Tuesday, August 27, 2019

MARI MENGENAL MUSIK RnB


Hai readers!! Apa kabar kalian? Semoga sehat selalu yaa… Kalian pasti penasaran dong aku bakal bahas apa dikonten kali ini?, Nah di konten kali ini aku bakal mengajak kalian untuk mengenal musik RnB.



PENGERTIAN MUSIK RnB

RnB (Rhythm and Blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, aliran jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikatpada tahun 1947 oleh Jerry Wexler.

SEJARAH MUSIK RnB

1. Tahun 1940-an
Di tahun ini RCA Victor memasarkan black musik dengan istilah “Blues and Rhytm”. Dan di tahun ini mulai berkembang jenis musik yang didasarkan pada ritme Boogie-Woogie yang kemudian dinamakan Jump Blues. Dan kemudian berlanjut ke 1949 dimana istilah Rhytm and Blues mulai menggantikan kategori Harlem Hit Parade di tangga lagu Billboard, dan yang mendominasi tangga lagu di tahun itu adalah lagu “The Huckle Buck” milik Paul Williams.

2. Tahun 1950-an
Kemudian di tahun 1950-an, sejarah musik RnB disini Johnny Otis banyak mengeluarkan lagu dan mulai mendominasi tangga lagu.
Dalam sejarah musik RnB dapat dikatakan tahun 1950-an merupakan tahun-tahun yang penting bagi musik RnB, musik RnB di tahun ini mulai populer dan mengalahkan jenis musik seperti jazz dan rock ‘n roll. Disini juga muncul beberapa musisi dan beberapa konser besar pagi para musisi RnB.
Sejarah musik RnB berlanjut ke tahun 1960-an dimana para musisi dari Motown records milik Berry Goody mendominasi pasar musik RnB. Di tahun ini juga musik RnB dikatakan sebagai musik soul oleh orang kulit putih, jenis musik ini dinamakan blue eyed soul.

3. Tahun 1980-an
Di tahun 1980-an Muncul beberapa musisi yang mengambil alih tangga alau seperti Michael Jackson dan juga Prince. Album Michael Jackson yang berjudul “Thriller” menjadi salah satu album yang paling banyak terjual di seluruh dunia. Di sini juga muncul beberapa penyanyi r&b wanita seperti Whitney Houston dan juga Janet Jackson yang meraih kepopuleran di akhir dekade 1980-an. Selain itu, muncul juga New Edition, yang akhirnya menjadi prototype dari boyband seperti Backstreet Boys dan New Kids Ont The Block.

4. Tahun 1990 – 2000 -an
Dalam sejarah musik r&b di tahun 1990-an, penyanyi sukses seperti Mariah Careydan Boyz II Men membawa contemporary r&b ke dalam arus utama selera musik, Mariah Carey dan Boyz II Men mempunyai salah satu lagu duet yang berjudul “One Sweet Day”, dan lagu ini berhasil menduduki peringkat satu dalam tangga lagu Billboard Hot 100. Kemudian ada Missy Elliot yang lebih menggabungkan r&b dan hip hop secara bersamaan.
Sejarah musik Rnb berlanjut, dari tahun 1990-an sampai 2000-an kemudian banyak bermunculuan para musisi r&b baik grup maupun solo, namun yang lebih dominan adalah penyanyi solonya, seperti Jennifer Lopez dan grup NSYNC.

Musik R&B muncul di Indonesia pada tahun 1990 an dan terus berkembang sampai sekarang. Salah satu teladan penyanyi RnB Indonesia Glenn Fredly.


KARAKTERISTIK MUSIK RnB

Karakteristik musik RnB lebih menitikberatkan pada kualitas vokal yang baik, lirik yang lebih santai dan alunan musik yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Walaupun tetap ada Rapnya, bedanya adalah alunan musik RnB lebih santai daripada HipHop. Musik Rnb cenderung mengutamakan improvisasi melodi.

MACAM-MACAM ALAT MUSIK RnB
Alat musik yang biasanya digunakan dalam musik RnB, antara lain sebagai berikut :
1. Drum Kit


2. Bass Guitar



3. Saxophone


4. Horns (Trompet)


5. Electric guitar


6. Organ



DAFTAR NAMA ARTIS RnB TERKENAL 
DI INDONESIA

Setelah aku kasih tau kalian tentang pengertian, sejarah, karakteristik dan alat musik RnB, selanjutnya aku bakal kasih tau kalian nih daftar nama arti RnB terkenal di Indonesia, yaitu antara lain:
1. Glenn Fredly


2. Reza Artamevia


3. Dewi Sandra


4. Agnes Mo


5. Imaniar


6. Marchelle Siahaan


7. Ressa Herlambang


8. Andre Hehanusa


9. Rini Wulandari


10. Sania




Demikian pembahasan tentang musik RnB, semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Aku ucapkan terimakasih atas kunjungannya,jangan lupa comment saran atau masukkan kalian yaa, mohon maaf jika ada kekurangan. See youu!!

Penulis : Dewi Vebiyanti

6 comments: