Monday, August 26, 2019

11 alat musik pengiring musik Dangdut

pasti hampir semua orang indonesia mengenal yang namanya musik dangdut guyss,kenapa?karna musik dangdut adalah musik khas indonesia nih guyss karna itu juga kita sebagai orang indonesia harus cinta dengan musik dangdut.Lalu apakah kita juga mengenal Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut?buat kalian yang belum tau diaini saya akan uraikan beberapa nama Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut.

Berikut nama-nama Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut:

1.Ketipung


      Ketipung merupakan alat musik yang biasa, bahkan selalu dipakai untuk mengiringi musik-musik dangdut. Ketipung atau mirip dengan Gendang kecil (Bedanya adalah kalua Gendang memiliki dua sisi tabuh) ini menjadi salah satu ciri khas alat musik Dangdut.

      Ketipung memiliki satu sisi tabuh ini memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk bulat memanjang dengan bagian tengahnya yang sering berukuran lebih besar. Alat musik yang biasanya juga digunakan untuk mengiringi musik-musik bernuansa Timur Tengah ini terkadang dihiasi berbagai motif etnik khas IndonesiaCara memainkan Instrument ini adalah dibunyikan dengan cara dipukul dengan tangan, tanpa alat bantu. Ketipung merupakan Jenis kendang yang kecil.

2.Seruling



       Seruling ataupun flut ialah sebuah alat musik dari famili alat tiup kayu atau woodwind. Berlainan dengan alat rid, seruling ialah sebuah alat aerofon atau alat tiup tanpa rid yang mengeluarkan bunyi daripada aliran udara yang merentasi lubang.

      Seruling dibuat daripada batang bambu kecil ketika dahulu. Namun kini seruling moden ada yang dibuat daripada logam aluminium dan plastik. Cara memainkannya adalah dengan meniup. Akan tetapi cara meniup seruling hendaklah betul jika ingin mengeluarkan bunyi yang baik.

3.Gitar


      Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

4.Bass Gitar


      Dalam musik dangdut alat musik ini juga sangat menentukan enak atau enggaknya suatu grup, tidak boleh salah mainin chordnya karena akan sangat fals sekali irama dangdut tersebut kalua salah. (Baca juga artikel lain pada : Definition and Example Collective Noun)

5.Gitar Rythem

      Dalam musik dangdut rythem sebagai penyeimbang, paling enak tukang mainin alat ini karena kalua ada salahnya gak ketahuan.

6.Gitar Melodi


      Alat musik ini tidak begitu dominan tapi pemain melodi ini biasanya didaulat sebagai leader di grup, cara maininnya pun harus halus metik senarnya, kebanyakan lebih mengandalkan teknik bending dan hammer jadi gak asal petik aja.

7.Mandolin


      Semacam gitar tapi kecil mempunyai dawai 4 biasanya satu dawai mempunyai 2 senar.

8.Organ


      Organ adalah alat musik yang mempunyai suara yang unik. Sekarang, organ diproduksi dengan cara elektronik. Namun, pada awalnya, suara organ didapat dari pipa.

      Suara yang dihasilkan organ sangat unik. Karena Suaranya berkelanjutan, tidak semakin kecil (selama tuts masih ditekan). Dalam kurva ADSR, organ biasanya mempunyai sustain yang tidak terbatas. Berbeda dengan piano, organ mempunyai karakteristik keterikatan tempo yang lemah, namun mempunyai lokalisasi frekuensi yang baik.

      Perubahan karakteristik suara (amplitudo) disebabkan oleh seberapa dalam tuts tersebut dipencet, tidak terpengaruh oleh tingkat kekerasan pencetat tuts (seperti piano)

9.Tamborin


      Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Tamborin menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membrannya. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Materi Seni Musik)

10.Saxophone



      Saxophone adalah instrumen yang masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

11. Kendhang Or Gendang


    Kendang, kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu. Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. Kendang kalih dimainkan pada laguatau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ,ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi kendhang yang khas yaitu kendhang kosek.

      Sebenarnya masih banyak lagi alat musik yang mengiringi music dangdut yang bisa dibahas tatapi kebanyakan yang biasa digunakan ada  11 Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut.Sekian yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel tentang Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Sumber : -Melodia Musik

              -Kaskus FJB

              -Ofharmonie.blogspot.com

Kreator by : A²m

6 comments: