Monday, September 2, 2019

Alat Musik Reggae



Haii guys
Buat kalian pecinta Musik Reggae ada info tentang alat musik raggae
Tak semua kawan paham betul dengan alat-alat yang di gunakan pada saat mennyajikan musik Reggae. Dan ini adalah alat yang sering di gunakan :

Drum Set.

Semua orang pasti tau dan mengerti dengan alat musik ini, karena semua musik pasti tak lengkap dengan tidak adanya alat ini. Dan musik Reggae pun juga begitu. Wakupun ketukkannya berbeda dengan musik lain, ini menjadi ciri khas sendiri Musik Reggae yang sudah di arasemenkan dalam suara khas Indonesia.

Keyboard- Piano.


Gampang-gampang susah memainkan alat musik ini.Piano adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal. Ada lebih dari 9.000 bagian pada kunci ditambah dengan bagian kombinasi lainnya. Jika dianalisa material dari piano, maka akan terlihat kayu dengan kualitas tinggi, besi,baja,tembaga,plastik,kuningan,kapas,bahan perekat dan sebagainya. Maka bisa dibayangkan seberapa sulitnya membersihkan bagian-bagian yang tidak mudah dijangkau didalam piano.

Gitar.

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai.

Saxophone.

Saxophone adalah alat musik yang masuk dalam kategori aerophone, single-reed woodwind instrument.Saxophone berasal dari Belgia, dibuat oleh seorang pemain clarinet dan pembuat alat musik bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840.Saat ini saxophone sangat popular digunakan dalam musik Reggae, dan memiliki berbagai jenis dengan range yang berbeda-beda.

Djembe.

Djembe merupakan jenis alat musik perkusi. Sebagaimana kita ketahui alat musik ini berasal dari negara Afrika. Saat ini alat musik perkusi ini banyak digemamri di Indonesia. Menurut sejarah dari afrika alat musik ini digunakan untuk perlawanan melawan penjajah. Alat musik ini sangat penting bagi sejarah bangsa Afrika. Karena sangat populer alat musik djembe ini, banyak beberapa negara mempunyai komunitas bahkan penggemar alat musik jenis ini. Mulai dari belanda, kanada, belgia, bahkan korea. mereka sangat konsen dengan alat musik ini dan mengembangkan tehnik-tehnik baru untuk memperkaya seni dan kesenian djembe ini. mungkin anda juga tertarik untuk mengembangkannya. di indonesia juga sudah mulai banyak, terutama penggemar musik regge dan banyak juga kita jumpai di berbagai propinsi di Indonenesia.

BONGO

Asal usul bongo yang sebagian besar tidak jelas. Penggunaannya pertama kali didokumentasikan di wilayah Timur Kuba dikenal sebagai “Oriente”, selama abad ke-19, di mana ia bekerja di gaya musik populer seperti anak Kuba, Nengon, dan Changui.

MARAKAS

Marakas atau dalam bahasa asing disebut Maracas, Maracax’a, Maraca’ Mbara’ka, di kategorikan sebagai alat musik perkusi. Marakas termasuk dalam jenis perkusi idiophones atau autophones dan juga merupakan salah satu bagian penting dari musik Cuba, Salsa, Rumba, Charanga dan Trova Ensemble.

Cara memainkannya seringkali dengan cara diguncangkan, hingga material di dalamnya membentur dinding bagian dalam dari material luarnya dan menghasilkan bunyi karakteristik yang khas atau suara yang tajam. Marakas biasanya diguncangkan seiring dengan irama dalam ketukan dan gerakan yang berbeda-beda yang membuat bisa kita berdansa, sebagian penari juga menggunakannya disaat mereka sedang menari.

 Kalimbas

Kalimbas, juga dikenal sebagai piano ibu jari, adalah bagian dari keluarga instrumen perkusi. Alat ini terbuat dari buluh atau ujung, yang kemudian dipetik dengan ibu jari atau jari orang yang bermain dan getaran dari buluh ini kemudian diperkuat melalui kotak resonator berongga atau papan suara untuk menciptakan musik.

TRAVEL DIDGERIDOO
Didjeridu,Ditiup dengan  Stamina yang cukup diperlukan untuk teknik ini dan pemain didjeridu baik dianggap mampu mempertahankan pola berirama cepat energik seluruh lagu yang diberikan.
Triangle

Triangle adalah alat musik yang berbentuk segitiga yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian sisinya dengan menggunakan stik. Triangle dibuat dari bahan logam, baja atau logam lain seperti tembaga. Nada atau bunyi yang dihasilkan triangle tergantung dari pemain yang memainkan alat musik ini, karena pada dasarnya triangle tidak memiliki tangga nada.

Conga

Conga adalah alat musik yang berasal dari Afrika atau Kuba yang dimainkan dengan cara di pukul menggunakan tangan. Conga berbentuk seperti barel dan dapat dimainkan dengan posisi duduk ataupun berdiri.


Sumber : -http://pecinta-reggaeindonesia.blogspot
-https://id.m.wikipedia.org/wiki/Reggae
-http://abdewalri19.blogspot.com

Created by : A²m

8 comments: